Minggu, 08 Juli 2012

Paradigma profesi mesin di era modern


MATERI/TOPIK PERKULIAHAN
  1. Etika
  2. Profesi dan Profesionalisme
  3. Etika dalam Profesi
  4. Kriteria Kompetensi dalam Ilmu Mesin
  5. Spesialisasi Keilmuan dalam Teknik Mesin
  6. Paradigma Profesi Mesin di Era Modern
  7. Peluang dan Tantangan Profesi Teknik Mesin di Masa Datang
  8. Asosisasi Profesi dalam Ilmu Mesin

Paradigma profesi mesin di era modern
Banyak diantara masyarakat kita di Indonesia dulu, bahwa pemahaman profesi di bidang mesin itu pasti berkotor – kotoran terlebih lagi banyak ahli mesin di katakan tukang insinyur pada tempo dulu, tetapi sekarang banyak hal – hal baru bermunculan seperti teknologi – teknologi yang bisa dikatakan saat ini berkembang sangat pesat sekali. Terutama dalam bidang Informatika. Seiring berkembangnya teknologi berkembang pula cara kita mendapat pengetahuan tanpa melalui pendidikan formal, dan kita bisa mendapatkan ilmu pengetahuan darimana saja, seperti internet, melalui e – book yang kita dapatkan di kampus, melalui perpustakaan, dan masih banyak cara yang lain untuk kita dapatkan.
Profesi mesin yang sekarang banyak sekali perubahannya mulai dari  cara berpakain, kedisiplinan waktu, sampai hasil kerja memuaskan dari si teknisi itu sendiri, dan jika kita masuk ke pabrikasi kita bisa terasa seperti di showroom bisa dibilang “ showroom look ”.
Seperti contohnya di perusahaan - perusahaan jepang dalam hal manufacturing dan assembling banyak ahli – ahli mesin disana sangat menjaga kedisiplinan, kebersihan dan kerapihan tempat kerja,perawatan mesinnya, dan ketepatan produksi yang dihasilkan dan tidak lupa juga dari perusahaan pun memberi semacam penghargaan bagi mereka para pekerja/ teknisi supaya membuat pekerja/teknisi tersebut bisa lebih semangat dalam berkerja. Dan bahkan perusahaan tersebut memberikan studi khusus bagi pekerja/teknisi yang mempunyai kemampuan lebih seperti diberikan pelatihan – pelatihan di jepang supaya para pekerja/ teknisi tersebut bisa menciptakan inovasi ataupun sesuatu yang baru dan bisa membuat perusahaan tersebut mencapai hasil yang maksimal. Dan dari hasil inovasi – inovasi tersebut bisa bermanfaat untuk masyarakat luas. Jadi pemikiran saat ini untuk ahli mesin bagaimana menciptakan sesuatu yang sangat bermanfaat, ramah terhadap lingkungan, dan bisa memanfaatkan/mendaur ulang hasil yang telah diproduksi tanpa merusak dan meninggalkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar